Perusahaan Multinasional Yang Mempekerjakan Penyandang Disabilitas

Banyaknya aspek kehidupan menjadikan kita melihat sisi yang lain, salah satu aspek kehidupan yang perlu menjadi perhatian adalah penyandang disabilitas yang kerap mendapatkan diskriminasi, mulai dari pakaian, penampilan, juga soal pekerjaan.

Bila mendengar soal penyandang disabilitas, biasanya lebih banyak kabar buruk yang menghampiri namun kali ini penyandang disabilitas sudah dijamin kehidupannya oleh International Labout Organization yang mana organisasi ini menyadari bahwa penyandang disabilitas yang direkrut sebagai pekerja membawa keberuntungan sendiri bagi perusahaan keterbatasan mental. Para penyandang disabilitas ini justru memiliki lading tenaga kerja yang potensial dengan membentuk budaya produktif, kreatif dan setia terhadap lingkungan perusahaan. Diantara mereka bahkan tercatat sudah bergabung dengan perusahaan multinasiona dunia yang memiliki predikat terbaik kelas dunia.

Salah satu perusahaan multinasional yang mempekerjakan penyandang disabilitas adalah IBM. IBM bergerak dalam bidang teknologi dan konsultas asal Amerika Serikat yang sudah tidak asing lagi di kalangan para professional dan praktisi. IBM menekankan dalam perekrutan pegawai harus dapat menyerap tenaga kerja penyandang disabilitas di semua perusahaannya. Bahkan IBM juga menekankan semua karyawan agar berpartisipasi dalam program pelatihan disabilitas. Ada juga Procton dan Gamble yang juga mempekerjakan penyandang disabilitas. Memang tidak ada yang menyangka kalau perusahaan produksi barang keseharian kita juga ternyata merekrut pegawai dengan penyandang disabilitas. Tahukah anda bahwa kebutuhan sehari-hari anda yang tidak asing di telinga seperti shampoo, popok bayi, pisau cukur dan kebutuhan lainnya merupakan produksi Protector dan Gamble atau yang biasa disebut P&G yang mana perusahaan ini sangat menghimbau kepada tim yang merekrut penyandang disabilitas dengan menawarkan tempat kerja inklusif dan ramah lingkungan terhadap mereka.

Satu lagi perusahaan yang juga menaruh konsentrasi pada para pekerja disabilitas adalah Ernts & Young. Perusahaan ini bekerja di bidang jasa professional akuntan yang menjadi bagian terbesar dari tim audit keuangan yang juga menerima penghargaan publikasi dari DiversityInc dimana mereka mempekerjakan penyandang disabitas secara serius, bahkan perusahaan ini melakukan banyak sekali pelatihan pada penyandang disabilitas agar mendapatkan kesetaraan kompetensi dengan pekerja tanpa disabilitas. Kabar baiknya adalah perusahaan akuntan ini juga menyediakan jalur alternative yang bisa menjadi acuan bagi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik, salah satunya adalah dengan jalur karir alternative yang mana ini akan menjadi sarana pendukung bagi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan hak mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *